Analisis Data Kualitatif untuk Monitoring dan Evaluasi

Data kualitatif merupakan data dalam bentuk non-numerik yang biasanya terdapat dalam format tekstual atau narasi. Adapun data kualitatif dapat berupa catatan observasi, hasil interview, respon kuisioner.

Analisis data kualitatif digunakan untuk menafsirkan dan memahami kualitas data yang diperoleh dari pengumpulan data. Analisis data kualitatif sangat bergantung pada interpretasi. Apabila kamu sudah mahir dalam melakukan pengumpulan data kualitatif, maka akan cukup mudah untuk menginterpetasikannya dalam bentuk pemaparan atau deskripsi yang lebih mendalam. Hal ini biasanya disertai dengan asumsi dan beberapa pendapat atau rujukan dari referensi terpercaya.

  • Bagaimana cara melakukan analisis pada data kualitatif?

Analisis data kualitatif cenderung lebih mudah dan lebih cepat dilakukan dibandingkan data kuantatif. Namun apabila kamu salah dalam mengintrepretasikannya, maka data kualitatif bisa menjadi tidak fokus bahkan hasil bisa menjadi ambigu. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan pengelolaan data kualitatif dengan baik dan benar.

  1. Tentukan Fokus Analisis. Panduan pertanyaan dalam pengumpulan data juga dapat kamu gunakan juga sebagai panduan untuk interpertasi analisis data kualitatif. Hal ini dapat kamu sesuaikan dengan jenis pengumpulan data yang kamu gunakan.
  1. Tentukan siapa yang akan menganalisis data. Dalam melakukan interpretasi data, kamu bisa melibatkan rekan kerja untuk membantu analisis data. Hal ini bertujuan agar temuan data menjadi tidak bias karena hasil berdasarkan dari pemahaman beberapa orang. Tentu saja, dalam  hal ini kamu membutuhkan orang-orang yang bersedia mendedikasikan waktunya untuk mendeskripsikan sejumlah data berbasis teks. Selain itu, dibutuhkan pengetahuan yang memadai untuk menafsirkan temuan dengan tepat melalui pendekatan yang sistematis.
  1. Gunakan perangkat analisis data. Pengolahan data kualitatif dapat dilakukan secara manual atau menggunakan perangkat lunak komputer/software
  • Analisis manual melibatkan pengorganisasian dan pelabelan data. Metode manual dapat kamu gunakan untuk pengumpulan data kualitatif secara berkala. Metode ini membutuhkan ketelitian dan konsentrasi yang tinggi.
  • Analisis menggunakan software, metode ini lebih mudah digunakan karena kita dapat mengatur, memberikan label bahkan melakukan pencarian data. Metode ini sangat ideal jika data kualitatif tersebut memiliki jumlah data yang besar.

Dalam analisis data kualitatif,  penting untuk dapat mengembangkan pendekatan sistematis. Ada empat langkah yang dapat kamu lakukan yaitu sebagai berikut:

  1. Melakukan peninjauan data.

Sebelum melakukan analisis data apapun, penting untuk memahami data yang sudah dikumpulkan dan meninjuanya secara berkala. Sebagai contoh, apabila data yang dimiliki merupakan transkrip wawancara, baca kembali transkrip tersebut secara menyeluruh hingga didapatkan gambaran umum mengenai hasil wawancara tersebut. Kemudian berikan pendapat kamu pada temuan yang didapatkan. Hal ini sebagai tanggapan awal yang mungkin nantinya akan berguna untuk menafsirkan data.

  1. Mengatur data yang terkumpul.

Data kualitatif yang terkumpul cenderung panjang dan rumit. Setelah melakukan peninjauan, kamu dapat mengklasifikasikannya ke dalam beberapa bagian. Terdapat beberapa pengelompokaan/pengklasifikasian data misalnua berdasarkan tanggal pengambilan data, jenis pengumpulan data, atau berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan.

  1. Melabeli data

Pelabelan atau biasa disebut pengkodean merupakan proses identifikasi dan pemberikan label sesuai dengan tema/topik dari data yang kamu analisis.

  1. Menafsirkan data

Interpretasi data menyertakan makna dan signifikansi daya yang diperoleh. Coba lakukan tinjuan berulang untuk melihat hubungan antara tema/topik dengan hasil, kemudian ambil kesimpulan dari hasil interpretasi.

Apa keuntungan penggunaan data kualitatif?

  1. Data kualitatif bermanfaat untuk mendapatkan wawasan dan pemahaman mengenai sebuah proses pengambilan data
  2. Data kualitatif dapat ditambahkan dalam data kuantitaif program
  3. Data kualitatif berguna untuk memberikan perspektif dari pihak lainnya mengenai suatu tema/topik.

Apa kelemahan penggunaan data kualitatif?

  1. Analisis data kualitatif memerlukan waktu yang lama dan pemahaman yang mendalam.
  2. Temuan dari pengumpulan data terkadang tidak bersifat objektif, karena bisa saja hanya sebuah asumsi.
  3. Memiliki resiko terjadinya bias data karena ditafsirkan oleh orang-orang yang berbeda.

 

REFERENSI:

  1. Pahala Nainggolan (2012). Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba. Jakarta: Yayasan Integrasi-Edukasi.
  2. Briefs 13-18: Data Collection Methods for Evaluation. Available at http://www.cdc.gov/HealthyYouth/evaluation/resources.htm
  1. Shenson HL. How to Select and Manage Consultants. San Diego, CA: Lexington Books & University. Available at https://www.cdc.gov/healthyyouth/evaluation/pdf/brief1.pdf
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram