Pentingnya Website Resmi bagi Organisasi Nirlaba

web-1738168_1920-e1504285398793

Perkembangan teknologi menuntut sebuah organisasi nirlaba turut andil dalam penyebaran informasi. Besar atau kecilnya organisasi yang kamu miliki, selain aktif dalam media sosial ada baiknya organisasi juga memiliki website resminya/official website sendiri.

Sekarang ini banyak organisasi nirlaba yang percaya bahwa memiliki akun di Facebook cukup atau sama saja memiliki sebuah situs resmi. Padahal keduanya sangatlah berbeda. Mengapa sebuah organisasi nirlaba memerlukan situs resmi dalam pengelolaan organisasi?

Berikut beberapa alasan mengapa sebuah organisasi nrlaba harus mulai berinvestasi dengan membuat website resmi.

  1. Website resmi membantu legitimasi organisasi nirlaba

Sebuah website membantu para donator, mitra, bahkan relawan untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai misi organisasi nirlaba dalam satu tempat. Keberadaan website yang aktif sangat membantu melegitimasi peran organisasi serta keberadannya dinilai memberikan kredibilitas dengan peningkatan reputasi dan kepercayaan publik.

  1. Website resmi membantu dalam branding dan profesionalisme organisasi nirlaba

Adanya website resmi juga berfungsi sebagai branding organisasi karena semua yang dipublikasikan jelas. Sebuah organisasi yang memiliki website resmi sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih. Keberadaan website resmi menunjukkan profesionalisme organisasi dalam menggarap berbagai program dan kegiatannya kepada publik.

  1. Website resmi meningkatkan kesadaran publik

Secara tidak langsung, keberadaan website resmi tentu saja dapat meningkatkan kesadaran publik. Dengan mempublikasikan program, dokumentasi acara, dan ajakan untuk mengikuti kegiatan hingga informasi penting lainnya tanpa disadari juga dapat meningkatkan keterlibatan publik dalam mendukung kegiatan organisasi.

  1. Website sebagai sarana memperkenalkan produk/layanan

Suatu organisasi dapat menggunakan website untuk memperkenalkan kegiatan organisasi. Dengan banyaknya pengguna internet, tentu saja organisasi memiliki peluang untuk mendapatkan calon donor, mitra, bahkan relawan untuk mendukung kegiatan.

  1. Website sebagai sarana komunikasi.

Fitur yang beragam dalam sebuah website dapat memudahkan terjalinnya komunikasi antara pengelola/staf organisasi dengan publik. Website modern telah dilengkapi dengan berbagai fitur seperti live chat, voice note, kotak saran, hingga kontak untuk memastikan terjalinnya komunikasi dengan baik.

  1. Website sebagai sarana publikasi resmi organisasi.

Dengan menggunakan website, organisasi nirlaba dapat memanfaatkan sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya menampilkan kegiatan yang sedang berjalan, laporan bulanan, hingga agenda kegiatan selama satu tahun masa kerja. Hal ini menunjukkan organisasi bersifat transpaan dan akuntabel dalam pelaksanaan program kerja organisasi.

  1. Membangun jaringan/partner

Keberadaan website resmi juga mendukung terjalinnya jejaring kerja sama baru baik antar organisasi maupun pihak terkait bahkan donor. Pengoptimalisasian website menunjukkan eksistensi organisasi dalam melakukan berbagai kegiatan. Hal ini sangat membantu apabila ada organisasi lain yang ini bekerja sama, misalnya melalui kegiatan CSR atau kolaborasi program.

Demikian beberapa manfaat mengenai penggunaan website resmi untuk organisasi nirlaba. Dengan pengelolaan website organisasi yang baik tentu saja menunjjukkan keseriusan organisasi dalam menjalankan program dan tanggungjawabnya kepada publik.

 

REFERENSI:

  1. Pahala Nainggolan (2012). Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba. Jakarta: Yayasan Integrasi-Edukasi.
  2. Ayana Dey (2017). 7 Reason Why Your NGO should Have a Website dalam situs : . http://blog.letsendorse.com/7-reasons-for-ngo-website/
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram