Tips Menulis Laporan Tahunan (Annual Report) Organisasi Nirlaba

Sumber : http://nupeoplemagazine.com
Sumber : http://nupeoplemagazine.com

Laporan tahunan digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pencapaian organisasi kepada stakeholder maupun masyarakat. Saat ini hampir seluruh organisasi nirlaba menyampaikan hasil kinerja mereka selama satu tahun dalam bentuk laporan tahunan yang ditujukan kepada publik atau para stake holder.

Pada dasarnya, laporan tahunan bukan sekadar salinan kinerja organisasi yang disajikan untuk mematuhi aturan atau arahan dari regulator, tetapi juga menjadi alat untuk meraih kepercayaan publik dan relasi demi kelangsungan dan kemajuan organisasi nirlaba.

Dalam menyusun laporan tahunan, jangan hanya berfokus pada penyampaian data atau angka-angka yang seolah bersifat kaku dan hanya ditujukan untuk kalangan tertentu, tapi juga harus dikemas sedemikian rupa, agar menarik dan bisa dibaca oleh semua kalangan.

Dalam penulisan laporan tahunan diperlukan trik dan tips berikut untuk menghasilkan laporan tahunan yang tidak hanya baik namun juga menarik.

Berikut tips singkatnya;

  1. Tentukan bidang apa organisasi memiliki prestasi yang membanggakan.

Langkahnya adalah dengan mengumpulkan semua jenis aktivitas yang sudah dilakukan selama 12 bulan terakhir dan ubah menjadi 3-5 prestasi besar. Lihat perbedaan yang organisasi nirlaba lakukan dalam bidang tersebut dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

  1. Tambahkan testimoni dari para pendukung organisasi kamu.

Cobalah untuk membuat daftar orang-orang yang memiliki cerita/pengalaman yang bagus untuk menceritakan tentang prestasi organisasi melalui sebah komentar/testimony positif organisasi. Hal ini memberikan perspektif bagi para pembaca dan memberikan nilai lebih bagi laporan tahunan organisasi.

  1. Tampilkan laporan tahunan secara sederhana.

Upayakan untuk menampilkan laporan tahunan sederhana melalui penambahan grafis atau diagam dan gambar yang menjelaskan capaian organisasi. Hal ini dirasa lebih baik dibandingkan menampilkan keseluruhan data secara lengkap kecuali memang dibutuhkan untuk aktualisasi kepada stakeholder. 

  1. Tampilkan daftar anggota organisasi nirlaba.

Laporan tahunan harus selalu menyertakan daftar dewan direksi dan staf eksekutif. Bahkan beberapa organisasi juga mencantumkan daftar donor/pendukung keuangan. Kamu dapat menampilkannya  sesuai dengan tingkat kontribusinya kepada organisasi atau seberapa besar pengaruhnya terhadap keberlangsungan organisasi.

  1. Tampilkan informasi secara bersamaan.

Tampilan laporan tahunan tidak harus dalam bentuk laporan dengan jumlah berlembar-lembar, namun dapat dimuat dalam bentuk bulletin berisi 4 halaman. Selain lebih ringkas dan efisien, Laporan lebih mudah dipahami asalkan organisasi mampu menumnjukkannya dalam tampilan yang sistematis.

Demikian beberapa tips yang dapat kamu aplkasikan dalam pembuatan laporan tahunan. Penting untuk tetap menampikan informasi secara jelas meskipun dengan berbagai improvisasi tampilan yang menarik.

REFERENSI:

  1. Pahala Nainggolan (2012). Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba. Jakarta: Yayasan Integrasi-Edukasi.
  2. http://annualreport.id/kiat-strategi/-tips-untuk-menulis-annual-report-organisasi-nirlaba-yang-baik
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram