Tips Menulis Laporan Tahunan (Annual Report) Organisasi Nirlaba

akuntansi keuangan

Laporan tahunan merupakan laporan perkembangan dan pencapaian yang berhasil diraih organisasi selama satu tahun. Data dan informasi yang akurat menjadi kunci penulisan laporan tahunan. Laporan tahunan digunakan digunakan sebagai bentuk pertanggungjawaban atas pencapaian organisasi kepada stakeholder maupun masyarakat pada umumnya.

Tidak sedikit organisasi nirlaba yang salah menampilkan konten/isi dari sebuah laporan tahunan. Berikut beberapa tips bagi kamu dalam menyusun laporan tahunan untuk organisasi nirlaba.

  1. Fokus pada capaian organisasi.

Sering kali organisasi nirlaba keliru dalam pembuatan laporan tahunan. Hal ini dikarenakan organisasi terlalu fokus menampilkan berbagai kegiatan yang dilakukan, bukan pada hasil yang telah dicapai. Tidak semua pembaca paham tampilan laporan jenis kegiatan, tapi pembaca akan fokus pada capaian hasil dari kegiatan yang sudah dilakukan. Bantu pembaca untuk memahami isi laporan kamu dengan menghubungkan capaian hasil dengan bagaimana cara kamu mendapatkan hasil tersebut.

  1. Hilangkan hal-hal kecil yang bersifat administratif

Banyak laporan tahunan yang terhambat karena hal-hal kecil. Memang kita tidak seharusnya mengabaikan hal-hal kecil namun ada baiknya untuk mengatur hal-hal tersebut selama pelaksanaan kegiatan, bukan saat pembuatan laporan tahunan.

  1. Penggalangan dana bukan sebuah prestasi.

Merupakan suatu kebanggaan bagi organisasi apabila mampu mengumpulkan dana dalam waktu singkat, terlebih dana tersebut dalam jumlah yang besar. Sesungguhnya,  pembaca tidak terlalu peduli dengan hal tersebut, namun mereka lebih peduli tentang bagaimana kamu dan organiasi mengelola dana yang sudah dikumpulkan. Informasi tentang upaya penggalangan dana hanya ditampilkan di bagian keuangan laporan (diakhir laporan), bukan di bagian awal atau di inti laporan tahunan.

  1. Tampilkan foto/dokumentasi dalam laporan tahunan.

Pembaca mungkin banyak yang akan melewatkan isi laporan tahunan, tapi mereka tidak akan pernah melewatkan dokumentasi/foto kegiatan.Gunakan dokumentasi tersebut untuk menggambarkan pekerjaan yang sudah dilakukan, ceritakan foto beserta deskripsinya tersebut dan hubungkan dengan prestasi yang dicapai organisasi.

  1. Jelaskan pengelolaan keuangan organisasi nirlaba

Baik stake holder maupun pembaca lainnya tidak ingin meluangkan banyak waktu untuk membaca laporan keuangan. Berikan penjelasan singkat mengenai tabel keuangan yang telah kamu buat dalam maksimal dua paragraph ringkas meliputi strategi pengalangan dana, penggunaan dana, dan langkah-langkah penghematan dana yang dilakukan selama setahun.

Komponen-komponen diatas akan memudahkan kamu dalam peembuatan laporan tahunan. Suatu laporan tahunan yang baik tidak hanya mampu menunjukkan prestasi organisasi nirlaba, tetapi juga menampilkan potensi dan kesempatan di masa mendatang termasuk  menumbuhkan kemitraan dengan relasi baru untuk kemajuan organisasi.

REFERENSI:

  1. Pahala Nainggolan (2012). Manajemen Keuangan Lembaga Nirlaba. Jakarta: Yayasan Integrasi-Edukasi.
  2. http://annualreport.id/kiat-strategi/-tips-untuk-menulis-annual-report-organisasi-nirlaba-yang-baik
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram