Akuntansi Sederhana untuk lembaga Non Profit

Organisasi Nirlaba seperti NGO/LSM/CSO, Perkumpulan, Yayasan, Sarikat, Paguyuban, Lembaga Pendidikan (PAUD s.d. Universitas), Panti Asuhan dan organisasi nirlaba sejenis, memiliki kewajiban menyusun laporan keuangan seperti halnya organisasi bisnis. Namun format Laporan Keuangan organisasi nirlaba yang merujuk pada PSAK 45 sangat berbeda dengan organisasi bisnis. Untuk kami membuat desain program akuntansi keuangan sederhana menggunakan Ms. Excell (AKSES_NGO.xlsx) yang digunakan untuk mencatat transaksi keuangan organisasi nirlaba secara otomatis dapat menghasilkan laporan keuangan berupa Laporan Posisi Keuangan dan Laporan Aktivitas serta Laporan Realisasi Anggaran.

Staf keuangan tidak akan dibebani dengan konsep “Debit/Kredit” dan rumitnya rumus excell yang digunakan, disini staf keuangan hanya memasukkan transaksi keuangan Pemasukan atau Pengeluaran seperti halnya mencatat dalam buku Kas dan buku Bank, secara real time staf keuangan dapat menyajikan laporan keuangan organisasi (Laporan Posisi Keuangan dan Laporan Aktivitas serta Laporan Realisasi Anggaran).

Dengan tersusunnya AKSES_NGO.xlsx semoga dapat menambah ketersediaan software atau alat bantu keuangan yang dapat menghasilkan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 yang secara sederhana namun dapat memenuhi standar minimal laporan keuangan organisasi nirlaba. Transparansi dan akuntabilitas organisasi nirlaba di Indonesia dapat tercapai sehingga dapat sejajar dengan organisasi bisnis.

Dengan kesadaran yang penuh bahwasannya AKSES_NGO.xlsx tidak luput dari kekurangan dan kesalahan, untuk itu kami mohon apabila anda memiliki saran yang dapat membantu dalam penyempurnaan silahkan kirim ke [email protected].
Dalam web www.integrasi-edukasi.org telah tersedia program Akses NGO dan panduan penggunaannya.

0078509
Visit Today : 1
This Month : 5957
Hits Today : 1
Total Hits : 279294
Who's Online : 1
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram