Bagaimana Pelaporan PPh21 Bagi Karyawan Masa Desember?

Bicara mengenai penghasilan tentunya berhubungan dengan pelaporan PPh 21. Pajak Penghasilan Pasal 21 (PPh 21) merupakan jenis pajak yang dikenakan terhadap penghasilan berupa gaji, upah, honorarium, tunjangan dan pembayaran lain yang diterima oleh pegawai, bukan pegawai, mantan pegawai, penerima pesangon dan lain sebagainya. Pajak penghasilan karyawan sudah dibayarkan oleh perusahaan dari pemotongan gaji setiap bulannya. Sehingga pegawai tinggal melaporkan SPT Tahunan Pribadi karyawan PPh 21 setiap tahunnya.

Namun, masih banyak yang belum memahami cara pelaporan PPh21. Apalagi dengan metode penghitungan pajak penghasilan (PPh) Pasal 21 orang pribadi yang memanfaatkan skema tarif efektif rata-rata atau TER per 1 Januari 2024. Bagaimana pelaporan PPh21 bagi karyawan, Yayasan Bina Integrasi Edukasi (YBIE) menyelenggarakan pelatihan teknik pelaporan PPh21 bagi organisasi non-profit dengan tema “Bagaimana Pelaporan PPh21 Bagi Karyawan Masa Desember” pada tanggal 16 – 17 Januari 2023 di Hotel Dafam Enkadeli, Jakarta Pusat. Narasumber pelatihan adalah Hadi Prayitno, praktisi perpajakan dan keuangan yang berpengalaman baik di pemerintahan, lembaga profit maupun non profit dengan fasilitator Evi Aisah, seorang konsultan pajak. 

Suasana pelatihan sangat dinamis karena para peserta aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber dan fasilitator. Dengan materi pelatihan yang aplikatif. Materi pelatihan yang diberikan antara lain dasar hukum perpajakan, perhitungan PPh21 berdasarkan data e-SPT masa Januari sampai dengan November 2023 dan membuat excel otomatisasi PPh21 masa Desember dan 1721A.

Peserta pelatihan berasal dari beberapa lembaga antara lain Indonesia Corruption Watch (ICW), Perkumpulan Manka, Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Jaringan Indonesia Positif (JIP), Yayasan Mandani Berkelanjutan, Jakarta Multicultural School, Yayasan Pattiro dan Kota Metro Lampung.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini peserta memahami penghitungan dan cara pelaporan PPh 21 sehingga dapat menerapkan untuk pribadi dan lembaga masing-masing.

Informasi pelatihan hubungi: Marina di nomor 0813 5681 0003 atau email : [email protected]

Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram