Fasilitator Desa

Fasilitator Desa 

Term of Reference (ToR)

 

POSISI : Fasilitator Desa Lanskap Toba Barat (West Toba)
PROGRAM : Tangguh Hutan Khatulistiwa – Pengembangan Program Konservasi Berbasis Lanskap di Lanskap Ekologi Pakpak
PENGAWAS : Manajer Lanskap Toba Barat
POS TUGAS : Desa yang ditunjuk di Kab. Pakpak Bharat, Sumatera Utara
JANGKA WAKTU : Setahun, dengan 3 bulan masa percobaan dan perpanjangan (tergantung kinerja)

 

LATAR BELAKANG

Lanskap Ekologi Pakpak adalah salah satu lanskap hutan hujan di provinsi Sumatera Utara yang terletak di Kabupaten Pakpak Bharat, Dairi, dan Humbang Hasundutan dengan luasan lebih dari 100.000 hektar yang berada di batas selatan dari Ekosistem Leuser, dimana bagian utaranya merupakan kawasan yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati dan ditetapkan sebagai Key Biodiversity Area (KBA).

Lanskap ini juga merupakan habitat dari beberapa jenis flora dan fauna yang dilindungi seperti Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), kambing hutan (Capricornis sumatraensis), Siamang (Symphalangus syndactylus), Beruang madu (Helarctos malayanus), Hoting (Quercus sp.) Medang (Palqium sp.), Sampinur (Podocarpus spp.), Damar (Agathis spp.), Kemenyan (Styrax sp.), dan lain sebagainya.

Namun, setiap tahunnya kawasan ini mengalami tekanan yang cukup tinggi dan peningkatan laju deforestasi yang diakibatkan oleh kegiatan penebangan (legal dan illegal), pertanian, perambahan kawasan hutan, dan lain-lain yang menyebabkan terjadinya fragmentasi habitat. Fragmentasi habitat sendiri dapat mengakibatkan terjadinya penghambatan aliran gen dalam populasi-populasi satwa liar. Habitat yang terfragmentasi dapat menyebabkan kepunahan bagi satwa liar, terutama Orangutan Sumatera.

Berdasarkan hal di atas, Yayasan Tangguh Hutan Khatulistiwa sebagai lembaga swadaya masyarakat menetapkan sejumlah tujuan, yakni menjaga keseimbangan dan kelestarian ekosistem dengan berbasis pada pengelolaan bentang alam, melaksanakan kegiatan konservasi keanekaragaman hayati, dan mendukung penguatan mata pencaharian berkelanjutan melalui pengusulan perhutanan sosial dan penetapan koridor yang memungkinkan keterhubungan blok-blok habitat yang terfragmentasi bagi orangutan sumatera dan satwa-satwa lainnya di Lanskap Ekologikal Pakpak.

  

FUNGSI UTAMA

Fungsi utama dari Fasilitator Desa adalah melakukan fasilitasi dan pendampingan masyarakat desa untuk mendukung pendampingan tujuan dari program yang dilaksanakan.

 

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB:

  • Fasilitator Desa akan bertugas dan tinggal di desa yang telah ditetapkan, serta bersosialisasi dengan kehidupan sehari-hari masyarakat desa
  • Memfasilitasi rangkaian kegiatan yang dilakukan di ruang lingkup desa sesuai kerangka pelaksanaan program untuk tujuan penguatan dan peningkatan kapasitas bagi pemerintahan desa dan masyarakat desa.
  • Membuat catatan harian mengenai pengamatan dinamika sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan di desa yang ditunjuk sebagai lokasi kerja.
  • Membantu Manajer Lanskap Toba Barat dalam menyusun rancangan dan pelaksanaan kegiatan setiap harinya sesuai dengan kebutuhan lapangan, serta bertanggung jawab atas kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan kegiatan.
  • Memberikan saran teknis dan dukungan teknis kepada Manajer Lanskap Toba Barat untuk keberhasilan pelaksanaan program di lapangan berdasarkan situasi terkini di ruang lingkup desa.
  • Mengumpulkan informasi serinci-rincinya tentang kehidupan masyarakat desa dampingan, menganalisisnya dan melaporkannya kepada Manajer Lanskap, Spesialis Etnografi, dan Spesialis Perencanaan Desa sebagai bahan untuk mengambil keputusan strategis terkait pengimplementasian program di tingkat desa.
  • Bersama dengan Spesialis Perencanaan Desa memfasilitasi pemerintahan desa dan masyarakat dalam penelaahan/pencermatan dan perbaikan rencana pembangunan desa (RPJM Desa, RKP Desa, dan APB Desa) yang mengintegrasikan upaya-upaya perlindungan kawasan hutan dan keanekaragaman hayati, serta pengembangan mata pencaharian yang berkelanjutan.
  • Membangun hubungan yang erat dan harmonis dengan tokoh-tokoh masyarakat dan warga desa lainnya, serta mengembangkan jaringan antar desa.
  • Mampu beradaptasi dan belajar dari segala hal yang muncul di dalam proses pendampingan desa yang dilakukan sebagai bagian dalam pengembangan kapasitas diri.
  • Mampu mengidentifikasi peluang program pemberdayaan masyarakat desa seperti perhutanan sosial, skema kompensasi biodiversitas, dan/ atau skema pembayaran berbasis jasa lingkungan/ ekosistem lainnya dengan berkoordinasi dengan Manajer Lanskap Toba Barat.

 

HASIL ATAU KELUARAN DARI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB:

  • Catatan harian tentang pengamatan sosial, ekonomi, budaya, dan lingkungan di desa yang ditunjuk dan disampaikan setiap bulannya kepada Manajer Lanskap Toba Barat.
  • Laporan dwi mingguan dan triwulan terkait dengan rangkaian kegiatan yang dilakukan di ruang lingkup desa sesuai kerangka pelaksanaan program.
  • Laporan Kondisi Umum dan Khusus atas desa yang ditunjuk sesuai dengan format laporan yang telah ditetapkan oleh Spesialis Entnografer yang disusun minimal 3 bulan sekali dan disampaikan ke manajemen program.

 

Kualifikasi

  1. Minimal tamatan Strata-1 (S-1) dengan latar belakang antropologi, ilmu sosial, humaniora, kehutanan, biologi, dan/atau ekonomi pembangunan lebih diutamakan.
  2. Memiliki pengalaman kerja pendampingan desa dan/atau komunitas lainnya, di kawasan hutan minimal 2 tahun.
  3. Mampu mengoperasikan komputer/laptop dan software MS Office (Word dan Excel).
  4. Bersedia berkerja full time dan ditempatkan di desa yang telah ditentukan sebagai wilayah kerja program.
  5. Bersedia melakukan perjalanan kerja sesuai dengan program kerja yang ditetapkan.

  

CARA DAN KETENTUAN PELAMAR KERJA

  • Kirimkan surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan Curriculum Vitae (CV) ke alamat email: [email protected] dengan subjek email: Lamaran Fasilitator Desa.
  • Surat lamaran kerja yang dibuat harus juga menjelaskan kenapa tertarik atau motivasi bergabung di Yayasan Tangguh Hutan Khatulistiwa
  • Batas waktu pengiriman lamaran kerja: 07 Juni 2024.
  • Kandidat-kandidat yang terpilih akan dihubungi dan diwawancarai.

0083546
Visit Today : 26
This Month : 3748
Hits Today : 121
Total Hits : 303272
Who's Online : 6
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram