Staf Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Officer)

Staf Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Officer)  

Term of Reference (ToR)

POSISI : Staf Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Officer) 
PROGRAM : Tangguh Hutan Khatulistiwa – Pengembangan Program Konservasi Berbasis Lanskap di Lanskap Ekologi Pakpak
PENGAWAS : ·       Direktur Program Tangguh Hutan Khatulistiwa

·       Manajer Lanskap Toba Barat

·       Spesialis Keanekaragamanhayati

POS TUGAS : Salak, Kab. Pakpak Bharat, Sumatera Utara
JANGKA WAKTU : Setahun, dengan 3 bulan masa percobaan dan perpanjangan (tergantung kinerja)
DURASI : 12 bulan

 

LATAR BELAKANG

Lanskap Ekologikal Pakpak adalah salah satu lanskap hutan hujan tropis di Provinsi Sumatera Utara yang terletak di Kabupaten Pakpak Bharat, Kabupaten Dairi, dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Lanskap ini memiliki luasan lebih dari 100.000 hektar yang berada di batas selatan dari Ekosistem Leuser, dimana bagian utaranya merupakan kawasan yang memiliki tingkat keanekaragaman hayati dan ditetapkan sebagai Key Biodiversity Area (KBA).

Lanskap ini juga merupakan habitat dari beberapa jenis flora dan fauna yang dilindungi seperti Orangutan Sumatera (Pongo abelii), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae), Kambing Hutan (Capricornis sumatraensis), Siamang (Symphalangus syndactylus), Beruang Madu (Helarctos malayanus), Hoting (Quercus sp.) Medang (Palqium sp.), Sampinur (Podocarpus spp.), Damar (Agathis spp.), Kemenyan (Styrax sp.), dan lain sebagainya.

Namun, setiap tahunnya kawasan ini mengalami tekanan yang cukup tinggi dan peningkatan laju deforestasi yang diakibatkan oleh kegiatan penebangan (legal dan illegal), pertanian, perambahan hutan, dan lain-lain yang menyebabkan terjadinya fragmentasi habitat. Fragmentasi habitat dapat mengakibatkan terjadinya penghambatan aliran gen dalam populasi satwa liar. Habitat yang terfragmentasi dapat menyebabkan kepunahan bagi satwa liar, terutama Orangutan Sumatera.

Berdasarkan hal di atas, Yayasan Tangguh Hutan Khatulistiwa, yaitu sebuah lembaga swadaya masyarakat yang memiliki tujuan untuk menjaga keseimbangan dan kelestarian ekosistem dengan berbasis pada pengelolaan bentang alam, konservasi keanekaragaman hayati, dan penguatan mata pencaharian berkelanjutan melalui pengusulan Perhutanan Sosial dan penetapan Koridor Konektivitas yang memungkinkan dapat menghubungkan blok-blok habitat dari Orangutan Sumatera (Pongo abelii) dan satwa lainnya yang telah terfragmentasi di Lanskap Ekologi Pakpak.

 

FUNGSI UTAMA DAN TUGAS

Staf Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Officer) bertanggung jawab untuk membantu Spesialis Keanekaragaman Hayati (Biodiversity Specialist) dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan pengidentifikasian keanekaragaman hayati, baik flora dan fauna dengan menyusun rencana dan desain survey/inventarisasi keanekaragaman hayati, analisis data hasil survey/inventarisasi, serta penyajian laporan yang dibutuhkan dalam pengembangan dan pelaksanaan program di Lanskap Ekologi Pakpak atau lokasi lain yang ditetapkan. Tugas dari Staf Keanekaragaman Hayati adalah:

  • Melaksanakan kegiatan survey keanekaragamanhayati dengan metode survey pemantauan keanekaragamanhayati yang telah ditetapkan, termasuk survey orangutan, pemasangan kamera jebak (camera trap), vegetasi dan multipletringulasi (listening post).
  • Membantu Spesialis Keanekaragaman Hayati menyusun struktur alur data keanekaragaman hayati dan terintegrasi menjadi bagian dari Standard Operational Procedure (SOP) Survei/Inventarisasi Keanekaragaman Hayati dan Penilaian Biomassa di Lansekap Ekologi Pakpak.
  • Melakukan pengumpulan data dan analisis Jasa Lingkungan/Ekosistem, termasuk analisis keanekaragaman hayati dan pembobotan biomassa untuk pengusulan sertifikasi CCB (Climate, Community, Biodiversity) Standards di Lansekap Ekologi Pakpak.
  • Melakukan kajian lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati yang dibutuhkan dalam mengintegrasikan isu-isu lingkungan dan konservasi alam dalam kebijakan-kebijakan pembangunan daerah, baik di tingkat provinsi dan kabupaten

 

HASIL ATAU KELUARAN DARI TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB:

  • Laporan rutin (dwi mingguan/biweekly) yang disampaikan ke Spesialis Keanekaragaman Hayati atau Direktur Program terkait dengan perkembangan pelaksanaan dan pencapaian kegiatan dalam ruang lingkup Lanskap Ekologi Pakpak sesuai kerangka pelaksanaan program.
  • Laporan lengkap terkait dengan pengumpulan data dan analisis Jasa Lingkungan/Ekosistem, termasuk analisis keanekaragaman hayati dan penilaian biomassa untuk pengusulan sertifikasi CCB (Climate, Community, Biodiversity) Standards.
  • Laporan tri wulan, semester, dan tahunan terkait dengan pencapaian pelaksanaan program

 

KUALIFIKASI

  1. Minimal tamatan Strata-1 (S-1) dengan latar belakang kehutanan atau biologi.
  2. Memiliki pengalaman kerja di bidang konservasi keanekaragaman hayati, termasuk pengalaman dalam survei/inventarisasi keanekaragaman hayati minimal 5 tahun.
  3. Memiliki pengetahuan praktis yang sangat baik tentang metode survei/inventarisasi keanekaragaman hayati terutama survei orangutan, termasuk menganalisis data-data yang telah dikumpulkan.
  4. Memiliki kompetensi dalam mengoperasikan perangkat lunak GIS, seperi ESRI ArcGIS, ERDAS, Smartpatrol atau GIS-Freeware merupakan nilai lebih.
  5. Memiliki inisiatif yang baik dan mampu bekerja secara tim atau secara individu dengan sedikit pengawasan.
  6. Mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan, cepat memahami parameter/indikator program, dan melaksanakan program sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditetapkan, termasuk berkomitmen untuk melakukan pelaporan program secara berkala.
  7. Bersedia melakukan perjalanan kerja sesuai dengan program kerja yang ditetapkan.

 

CARA DAN KETENTUAN PELAMAR KERJA

  • Kirimkan surat lamaran kerja yang dilengkapi dengan Curriculum Vitae (CV) ke alamat email: [email protected] dengan subjek email: Lamaran Staf Keanekaragaman Hayati.
  • Surat lamaran kerja yang dibuat harus juga menjelaskan kenapa tertarik atau motivasi bergabung di Yayasan Tangguh Hutan Khatulistiwa
  • Batas waktu pengiriman lamaran kerja: 28 Juni 2024.
  • Kandidat-kandidat yang terpilih akan dihubungi dan diwawancarai.

More Information

0089036
Visit Today : 166
This Month : 2511
Hits Today : 275
Total Hits : 334124
Who's Online : 3
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram