Software Akuntansi Sederhana Organisasi Non Profit

AKSES_NGO.xlsx adalah alat bantu (software) akuntansi keuangan sederhana menggunakan Microsoft Excel yang dibuat oleh Yayasan Bina Integrasi Edukasi (YBIE) guna mencoba menjawab kebutuhan Organisasi Nirlaba seperti NGO/LSM/CSO, Perkumpulan, Yayasan, Sarikat, Ormas, Paguyuban, Lembaga Pendidikan (PAUD s.d. Universitas), Panti Asuhan dan organisasi nirlaba sejenis, membutuhkan alat bantu akuntansi keuangan sederhana guna menyusun laporan keuangan sesuai Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan nomor 45 (PSAK 45) yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) berlaku sejak tahun 2000 sebagai standar format laporan keuangan organisasi nirlaba di Indonesia.
AKSES_NGO.xlsx seperti halnya software akuntansi yang lain terdiri dari modul input dan modul output, yang membedakan dengan sofware akuntansi pada umumnya adalah :

  1. AKSES_NGO.xlsx modul input terdiri dari 3 sheet yaitu :
    1. Sheet Jurnal Pemasukan adalah modul yang digunakan untuk mencatat transaksi pemasukan/penerimaan uang ke rekening bank dan kas lembaga, proses pengisian layaknya mencatat penerimaan uang ke dalam buku kas atau buku bank dimana satu (1) transaksi cukup ditulis dalam satu (1) baris. Misalnya penerimaan hibah, pendapatan bunga bank, pinjaman dana, pengembalian sisa uang muka dan lain sebagainya.
    2. Sheet Jurnal Pengeluaran adalah modul yang digunakan untuk mencatat transaksi pengeluaran uang dari rekening bank dan kas lembaga, proses pengisian layaknya mencatat pengeluaran uang ke dalam buku kas atau buku bank dimana satu (1) transaksi cukup ditulis dalam satu (1) baris. Misalnya pembayaran biaya, pembayaran hutang, pembayaran kekurangan uang muka, dan lain sebagainya.
    3. Sheet Jurnal Non Kas adalah modul yang digunakan untuk mencatat transaksi akuntansi yang tidak ada aliran uang dari/ke rekening bank dan kas lembaga, metode pencatatan yang digunakan “DOUBLE ENTRY SYSTEM” yaitu satu transaksi harus dicatat pada pos DEBIT dan KREDIT. Misalnya penyusutan aset tetap, pertanggungjawaban uang muka, pengakuan pendapatan, pengakuan biaya, dan lain sebagainya.
  2. AKSES_NGO.xlsx menggunakan modul output atau laporan terdiri dari :
    1. Sheet Laporan Posisi Keuangan (LPK) adalah Laporan Keuangan yang menyajikan jumlah Nilai Aset / Harta, Hutang / Kewajiban, dan Aset Bersih lembaga pada tanggal tertentu (sampai dengan tanggal transaksi terakhir diinput).
    2. Sheet Laporan Aktivitas (LA) adalah Keuangan yang menyajikan jumlah Penerimaan, Biaya dan Aset Bersih pada Periode Berjalan lembaga (dari awal periode sampai dengan tanggal transaksi terakhir diinput).
    3. Sheet Anggaran vs Realisasi adalah Laporan Keuangan yang menyajikan perbandingan antara jumlah Penerimaan yang dianggarkan dengan realisasi, dan Jumlah Biaya yang dianggarkan dengan realisasi dalam satu periode pembukuan lembaga (dari awal periode sampai dengan tanggal transaksi terakhir diinput).

Secara real time staf keuangan dapat menyajikan laporan keuangan organisasi sesuai PSAK 45 Laporan Posisi Keuangan dan Laporan Aktivitas serta Laporan Keuangan tambahan yaitu Realisasi vs Anggaran.

Dengan tersusunnya AKSES_NGO.xlsx semoga dapat menambah ketersediaan software atau alat bantu keuangan yang dapat menghasilkan Laporan Keuangan sesuai PSAK 45 yang secara sederhana namun dapat memenuhi standar minimal laporan keuangan organisasi nirlaba. Transparansi dan akuntabilitas organisasi nirlaba di Indonesia dapat tercapai sehingga dapat sejajar dengan organisasi bisnis. Silahkan mencobanya dengan download dari link ini.

0083594
Visit Today : 74
This Month : 3796
Hits Today : 286
Total Hits : 303437
Who's Online : 8
Visit Us On FacebookVisit Us On TwitterVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram